top of page
Cari

PELtizen Ikuti Instruksi Kerja Pengisian BBM


PT Pelindo Energi Logistik (PEL) sebagai bagian dari Pelindo Group mendukung kelancaran operasional pelabuhan dengan menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Terminal Peti Kemas Belawan yang merupakan penggerak ekonomi Sumatera Utara. Agar operasi penyaluran BBM dapat dilakukan dengan aman dan lancar, PELtizen (sebutan pegawai PEL) harus mengikuti beberapa instruksi kerja.


Instruksi kerja yang harus diikuti oleh PELtizen antara lain adalah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti helm, masker, dan sepatu keselamatan. Selain itu, PELtizen juga harus memeriksa kondisi fisik tangki truck dan membandingkan segel dengan surat jalan yang ada. Setelah itu, PELtizen harus membuka manhole dan memeriksa ketinggian cairan yang menyentuh lidah tera.



Selanjutnya, PELtizen harus memeriksa kesiapan nozel, pompa, flow meter, drip tray, spill kit, APAR, dan SAFETY cone. PELtizen juga harus mengambil sampel dan menyetel flow meter di posisi 0 (nol). Setelah selesai, PELtizen harus membuat berita acara serah terima yang harus ditandatangani oleh customer, driver, dan foreman.



Selama proses penyaluran BBM, PELtizen harus senantiasa waspada dan siap menghadapi berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi, seperti tumpahan atau ceceran. Jika hal tersebut terjadi, PELtizen harus segera menghentikan proses penyaluran dan membersihkan area tersebut menggunakan spill kit yang telah disediakan. Dengan mengikuti instruksi kerja ini, diharapkan operasi penyaluran BBM dapat dilakukan dengan aman dan lancar.

bottom of page