Cari
  • pelindoenergilogistik

PT PEL Perluas Distribusi LNG ke Amurang



PT Pelindo III melalui PT Pelindo Energi Logistik (PEL) terus aktif mendukung program pemerintahan Presiden Jokowi, yaitu pemerataan listrik Indonesia. Momen bersejarah itu ditandai dengan keberhasilan mereka melakukan pengapalan LNG perdana ke Amurang, Sulawesi Utara, Senin (14/9).

Pengapalan itu merupakan wujud nyata kolaborasi antara PT PLN Gas & Geothermal (PLNGG), anak perusahaan PT PLN (Persero), dengan PT PEL. Dalam kolaborasi itu, PT PEL menyediakan layanan pengapalan untuk mengangkut Liquefied Natural Gas (LNG) milik PT PLN.

LNG tersebut digunakan untuk program gasifikasi pembangkit terapung di Amurang. Di pengapalan LNG perdananya, jumlah kargo LNG yang dibawa sebanyak 13.500 m3. Untuk selanjutnya, kapal itu akan beroperasi tiga kali setiap dua bulannya.

Plt Direktur Utama PT PEL Vitus Satoto Putro mengungkapkan, jadwal pengapalan ke depannya akan lebih fleksibel. Frekuensinya akan menyesuaikan kebutuhan serapan gas yang diatur PLN Sulawesi. ”Pengapalan perdana kemarin menjadi langkah awal kami mendistribusikan kebutuhan energi ke Sulawesi,” ujarnya.

Vitus juga menjelaskan bahwa kolaborasi proyek itu bertujuan memastikan penyediaan energi listrik ke Sulawesi yang lebih bersih dan efisien dengan penggunaan LNG. Hal itu merupakan bentuk dukungan Pelindo III Group melalui PT PEL kepada pemerintah dalam mewujudkan program gasifikasi pembangkit-pembangkit di Indonesia. Sinergi itu juga bertujuan meningkatkan efisiensi distribusi suplai energi di Indonesia.

Keberhasilan pengapalan LNG ke Amurang itu sekaligus membuktikan bahwa PT PEL mampu menjaga keandalan distribusi energi di tengah pandemi. Terbukti, layanan distribusi LNG melalui terminal LNG Benoa di Bali tetap beroperasi sesuai kebutuhan pembangkit listrik sejak awal pandemi hingga saat ini. Terminal LNG Benoa merupakan kerja sama PT PEL dengan PT Indonesia Power (anak perusahaan PT PLN Persero) yang mengelola PLTDG Pesanggaran Bali.

"Pandemi bukan hambatan. Sesuai arahan Dirut Pelindo III Saefudin Noer, Pelindo III Group hadir melayani negeri dan berkomitmen memenuhi kebutuhan energi dalam negeri. Setelah pengapalan LNG ke Amurang, PT PEL bakal terus meningkatkan pelayanan melalui project-project lainnya”, tambahnya.



Perluasan distribusi dan sinergi antarpihak itu merupakan tindak lanjut dari rekomendasi tim Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Isi rekomendasinya adalah mengakselerasi kolaborasi antar BUMN dalam mewujudkan ketersediaan energi nasional yang handal dan efisien.

Peran PT PEL dalam menyediakan layanan pengapalan ke daerah bukan kali pertama dalam hal distribusi Energi Nasional. PT PEL juga menjadi pelopor pembangunan mini LNG Terminal pertama di Indonesia melalui Terminal LNG Benoa. Hal itu menempatkan PT PEL sebagai partner yang tepat untuk pengembangan distribusi energi di tanah air.

© 2019 by PT Pelindo Energi Logistik.